Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Menambah Kesuburan

Blog

Memiliki keturunan adalah dambaan setiap pasangan yang telah menikah. Kesuburan merupakan salah satu faktor untuk bisa memiliki keturunan. Tujuan dari menikah adalah mendapatkan momongan. Anak adalah anugerah terindah yang Tuhan titipkan untuk setiap pasangan. Banyak pasangan yang telah menikah lama namun tidak kunjung diberi momongan. Dalam keluarga, buah hati bisa menjadi salah satu pemicu semangat hidup dan juga sebagai penerang bagi keluarga. Datangnya buah hati dalam sebuah keluarga dapat meningkatkan keromantisan serta keharmonisan antara Anda dan pasangan Anda. Selain itu, mertua juga turut senang karena generasi mereka berlanjut.

Ada banyak kasus di mana sepasang suami istri sudah menikah lama namun tidak kunjung memiliki momongan. Faktor tersebut bisa karena memang program mereka untuk memiliki momongan pada usia pernikahan tertentu. Namun bagaimana bila karena faktor kesuburan? Kesuburan tidak hanya dilihat dari sisi wanita saja. namun, kesuburan pria juga perlu dicek. Untuk mengetahui masalah ini, sebaiknya sebelum menikah Anda harus konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahpahaman satu sama lain. Ternyata, kesuburan juga dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan loh. Selain karena faktor genetik, kesuburan juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi baik dan berpengaruh terhadap kesuburan baik pria maupun wanita. Ada beberapa makanan yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kesuburan.

Makanan Untuk Meningkatkan Kesuburan

Bersyukurlah Anda bila hidup di Indonesia. Ada banyak makanan menyehatkan yang tumbuh di Indonesia. Sebagian dari mereka dapat meningkatkan kesuburan fungsi reproduksi manusia. Berikut ini 4 makanan yang dapat meningkatkan kesuburan Anda.

  • Ikan salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan air tawar yang hidup bebas di sungai. Daging ikan salmon kaya akan omega 3 yang sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan Anda. Cara mengonsumsinya bisa dimakan secara mentah seperti dibuat sushi maupun sashimi. Anda juga dapat mengolahnya dengan cara lain seperti menggoreng atau membakarnya agar lebih lezat untuk dikonsumsi. Saran saja, sebaiknya pilih ikan salmon dari hasil tangkapan sungai saja. Selain dagingnya lebih kenyal juga bahan kimia dalam daging lebih sedikit.

  • Taoge

Siapa yang tidak mengenal taoge? Taoge adalah kecambah kedelai hijau yang akarnya telah memanjang. Taoge sangat segar bila dimakan secara mentah. Kandungan nutrisi dalam taoge sangat baik untuk meningkatkan kesuburan reproduksi pria. Taoge biasanya dicampur untuk bakso, soto, bakmi dan lain sebagainya. Taoge juga bisa ditumis dengan campuran tahu dan rasanya manis. Bagi Anda yang memiliki program hamil sebaiknya perbanyak makan taoge untuk para suami.

  • Alpukat

Buah tropis satu ini ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk memperkuat rahim. Alpukat mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak esensial, serat, asam folat dan vitamin E. Buah ini banyak ditemukan baik di pasar maupun swalayan. Anda dapat mengonsumsinya sebagai jus buah maupun dalam bentuk olahan lainnya.

  • Brokoli

Jenis sayuran yang satu ini sarat akan nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam brokoli ini salah satunya adalah vitamin A. Bagi pria, brokoli adalah pilihan sayur yang pas untuk mempercepat pergerakan sperma. Sperma yang bergerak lambat juga berpengaruh terhadap pembuahan. Semakin cepat geraknya maka pembuahan juga akan semakin cepat berlangsung. Walaupun harga sayuran ini cenderung sedikit mahal, namun mengonsumsinya sangat biak untuk program hamil Anda.

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang mendorong untuk meningkatkan kesuburan organ reproduksi, Anda juga harus hidup sehat. Dalam tubuh yang sehat, artinya organ-organ tubuh juga cenderung sehat. Mereka akan bekerja dengan baik dan hidup Anda menjadi lebih bahagia. Rencanakan program hidup sehat seperti rajin berolahraga, makan makanan yang kaya nutrisi serta istirahat yang cukup. Anda juga sebaiknya menghindari minuman beralkohol dan juga rokok.

Macam-Macam Mineral Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Untuk calon suami, bila Anda ingin segera memiliki momongan setelah menikah sebaiknya perbaiki kualitas sperma Anda. Ada beberapa jenis mineral yang berpengaruh terhadap kualitas sperma. Berikut ini macam-macam mineral yang penting untuk meningkatkan kualitas sperma serta makanannya.

  • Antioksidan

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menurunkan bahkan merusak membran sel tubuh. untuk menangkalnya, Anda butuh makanan yang mengandung antioksidan untuk menjaga vitalitas tubuh. pilih makanan yang mengandung vitamin C, E dan A. Anda bisa mendapatkannya dalam buah pisang, alpukat, sayur mayur dan juga kacang-kacangan.

  • Seng

Kekurangan mineral seng dalam tubuh dapat menurunkan kualitas sperma pada pria. Selain itu, pergerakan sperma untuk menuju telur juga sangat lemah sehingga peluang untuk bisa mendapat momongan kecil. Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, sebaiknya perbanyak makan makanan yang mengandung seng seperti daging-dagingan, telur, susu, tiram, ayam, dan udang.

  • Selenium

Hampir sama seperti seng, selenium juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas sperma pria. Untuk mendapatkan kandungan selenium, Anda dapat memperbanyak konsumsi bawang putih, roti dan ikan.

  • Omega 3

Bagi Anda yang mengalami masalah mani sedikit, perbanyak makan makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Fungsi omega 3 yaitu untuk meningkatkan jumlah produksi sperma serta memperlancar peredaran darah. Anda bisa mengonsumsi kacang walnut, salmon, ayam, kepiting dan ikan untuk mendapatkan kandungan omega 3.

  • Folat

Tidak hanya wanita yang membutuhkan banyak folat untuk program kehamilan. Pria juga tentu membutuhkan mineral ini untuk meningkatkan kualitas spermanya. Anda dapat mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, kentang dan jeruk untuk mendapatkan manfaat asam folat ini. Untuk ibu hamil, asam folat sangat baik untuk perkembangan otak janin sehingga janin akan tumbuh menjadi anak yang cerdas nantinya.

Anak adalah titipan yang sangat didambakan oleh setiap pasangan suami istri. Bila Anda sedang melakukan program kehamilan, sebaiknya perbanyak makan makanan yang telah disebutkan di atas. Selain karena ijin dari yang Maha Kuasa, Anda juga wajib untuk berusaha mendapatkannya. Selalu konsumsi makanan yang bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan hindari makanan dan minuman yang tidak berfaedah. Contohnya adalah merokok dan juga minum minuman beralkohol. Untuk kopi dan teh masih dianjurkan asal dalam porsi yang tidak berlebihan.